Pengikut

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia Internet of Things (IoT)


Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia Internet of Things (IoT):

Device / Perangkat: Merupakan perangkat fisik yang terhubung ke jaringan internet dan mampu mengirim atau menerima data.


Gateway: Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim data dari perangkat ke jaringan atau sebaliknya.


Protocol: Merupakan aturan atau standar yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat dalam suatu jaringan.


MQTT (Message Queueing Telemetry Transport): Merupakan protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat dalam suatu jaringan IoT.


REST (Representational State Transfer): Merupakan arsitektur yang digunakan untuk mengirimkan data melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol).


CoAP (Constrained Application Protocol): Merupakan protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat dalam suatu jaringan IoT dengan menggunakan HTTP.


LoRaWAN (Long Range Wide Area Network): Merupakan protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat dalam suatu jaringan IoT dengan menggunakan jaringan wireless yang memiliki jarak jangkauan yang luas.


Cloud: Merupakan sistem yang menyediakan layanan hosting, penyimpanan, dan proses data melalui internet.


Big Data: Merupakan kumpulan data yang besar dan kompleks yang diperoleh dari sistem IoT dan digunakan untuk mengekstraksi informasi yang berguna.


Analytics: Merupakan proses yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari sistem IoT dengan tujuan untuk mengekstrak informasi yang berguna.

Komentar

Postingan Populer