Pengikut

Serba serbi bitcoin


Berapa hari ini puyeng mempelajari bitcoin. Barang satu ini kayaknya beda dengan metode transaksi online lain dalam hal teknis. banyak metode pembayaran lain seperti paypal dan payoner yang berbasis server tersentralisir, sedangkan bitcoin tidak sama sekali.


Ternyata bitcoin ini merupakan sebuah algoritma kompleks yang memungkinkan mentransfer uang virtual semudah mentransfer email dengan konsep  person to person (p2p). didalam metode transaksi bitcoin orang mentransfer dana langsung ke orang yang akan menerima dana tersebut. ini lah uniknya bitcoin.

Untuk bisa bertransaksi di perlukan sebuah aplikasi / program yang di sebut wallet. Walet inilah yang nantinya akan menyimpan uang virtual bitcoin. Sekali lagi bitcoin tidak memiliki server yang tersentralisir karena metode transaksi ini berbentuk algoritma criptografi. 

Pengirim dan penerima sama-sama memiliki alamat wallet (wallet address). Setiap wallet meliliki nominal saldo tersimpan. Transaksi terjadi atara wallet dan wallet dengan algoritma berbasis hash256.


Komentar

Postingan Populer