Pengikut

Distro Linux yang menurut Saya enak dipakek




Udah hampir 6 tahun pakek Linux dan udah gonta-ganti Distro berkali-kali. Alasan saya pindah ke Linux karena hampir semua Program Aplikasinya free dan open source. lagi pula malu lah udah berapa tahun pakek Windows crack-crackan. 

Hijrah ke Linux pertama kali pake Ubuntu Gnome standard. Agak banyak penyesuaian dan akhirnya ngak nyaman. Setelah itu ada teman yang lagi asik mainan Backtrak lihat lihat tampilanya kok hampir kayak Windows dan terheran-heran kok aplikasi Windows bisa jalan di Linux. walhasil hapus Ubuntu nyoba Bactrack.


Selama memakai Backtrack berapa bulan udah banyak yang dipelajari khususnya kenapa tampilanya bisa sama seperti Windows. ternyata backtrack pakek sistem GUI Kde. yang bentuk rupanya hampir sama dengan Windows. 

Belajar terus, nyari-nyari terus, akhrinya dapet lagi pengetahuan ternyata Backtrack itu turunan dari Kubuntu. Yang merupakan pengembangan dari Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai GUI-nya. Nah, dari situ deh mulai kenal yang namanya Kubuntu. Terlebih lebih karena banyak Program Aplikasi di Backtrak yang saya ngak pakek jadi saya delet lagi dan install Kubuntu di leptop.

Kelebihan Kubuntu ini ada di bagian tampilan yang mempermudah para pengguna Windows untuk hijrah ke linux. Ngak berlebihan deh kalo saya menambatkan hati pada distro Linux ini.

Banyak aplikasi di Linux yang menunjang kinerja saya sebagai Programer dan Electrical Enginering. Untuk perkerjaan programing saya terbantu banget dengan program aplikasi  seperti Bluefish editor, Kate editor, Terminal (Konsole), Apache2 webserver, Mysql-client & server database, PhpMyAdmin, dsb. Dan untuk Elektrikal Enginering saya ketolong banget dengan program aplikasi Arduino, Dia diagram, Gimp image processor, Inkscape graphic vector, dsb.

Sekarang Linux sudah jadi bagian dari perangkat kerja Saya. dan Kubuntu adalah distro yang paling Saya senangi.

Komentar

Postingan Populer